Baby gym atau olahraga bayi sehat adalah salah satu cara stimulasi yang efektif. Ketika melatih senam bayi, Anda sekaligus dapat melakukan pengamatan langsung keaktifan si kecil. Bunda tau nggak sih ternyata sensorial dan gymnastic itu kebutuhan penting bayi juga lho. Bunda Esti mengungkapkan bahawa olahraga bayi ada pada tahap tumbuh kembangnya. “Mungkin bunda juga tahu ada informasi di outlet kami mengenai ‘gym bayi atau biasa disebut baby gym‘, layanan cocok untuk para orangtua yang mau si kecil tumbuh kembangnya berlangsung optimal,” paparnya.

Olahraga bayi memilki banyak manfaat bagi proses tumbuh kembang si Kecil. Hal ini sama bermanfaatnya seperti merawat kulit tubuh bayi dengan menaburkan bedak bayi. Baby gym itu treatment untuk menstimulasi motorik (gerak) dan juga sensori nya si kecil. Anak yang diberikan stimulasi ini perkembangan motorik kasar (gerakan yang melibatkan otot-otot besar) maupun halus (melibatkan otot-otot kecil) sesuai dengan tahapan usia si kecil.

Layanan baby gym Bunda Esti salah satu cara stimulasi yang efektif menurut para bunda yang telah menjalaninya bersama si kecil. Ketika melatih si kecil untuk senam sedari bayi, Bunda sekaligus dapat melakukan pengamatan atau deteksi dini adanya indikasi-indikasi penyimpangan perkembangan bayi, khususnya perkembangan motorik.

Apa sih, manfaat yang dimkasud ‘Mengoptimalkan perkembangan motorik si kecil?’  Begini Bunda, secara umum baby gym yang biasanya bunda lakukan bersama bayi 3 – 5 bulan adalah untuk:
• Menguatkan otot-otot dan persendian dan ketahanan tubuh.
• Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan (balance).
• Meningkatkan fleksibilitas atau daya kelenturan tubuh.
• Meningkatkan kemampuan dan keterampilan fungsi anggota gerak tubuh.
• Memperlancar peredaran darah dan menguatkan jantung.

Berbagai kasus tidak hanya anak dengan gangguan tumbuh kembang, karena faktor penyakit. Namun memang dengan kondisi jaman now,orang tua yang sibuk bekerja biasanya anak kurang terstimulasi dengan baik. “Lewat layanan baby gym atau olahraga yang diikuti, si kecil jadi belajar bertemu banyak orang, berinteraksi, tidak takut lagi dengan orang baru, sekaligus menyalurkan energi positif kepada keluarga,” ujar Bunda Esti.

Meskipun sebenarnya anak tidak mendapatkan stimulasi pada dasarnya akan bisa tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Tetapi yang membedakan adalah anak terkadang dijaga atau ditemani oleah keaddan yang “over protective” sehari-harinya sehingga anak malah terbatas gerakannya.

Jadi bayi juga butuh olahraga secara rutin ya bunda, jika tidak akibatnya otot-ototnya lemah dan anak yang seharusnya sudah bisa duduk dia masih bisa Tengkurap, oleh karena itu peran Budna Esti disini membantu sejak dini agar anak tidak terjadi development delay. Bunda menyarakan untuk baby gym edukasi treatment sebaiknya dilakukan seminggu dua kali bunda.

61 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini