Hidung tersumbat membuat bayi menangis, rewel, bahkan tidak mau makan. Meski tak begitu bahaya, kondisi ini sebaiknya cepat diatasi. Bunda Esti kerap kali menemui bayi baru lahir sering bersin-bersin apakah artinya bayi mengidap penyakit? Ternyata belum tentu loh, bun. Biasanya bayi yang baru lahir sering bersin karena hidungnya tersumbat, dan karena ukuran lubang hidung yang sangat kecil, hidung bayi lebih mudah tersumbat.

Saat menyusui, lubang hidung bayi juga biasanya tertutup, dan bersin membantu bayi untuk membuka lubang hidungnya lagi.
Jadi, jika bayi hanya sering bersin tanpa ada gejala lain, bunda tidak perlu khawatir lagi. “Mengatasi hidung tersumbat pada bayi memang bisa membuat panik orang tua. Pasalnya, bayi hanya bisa rewel tanpa mengetahui penyebabnya, ujar Bunda Esti Fisioterapi Baby Spa ini.

Hidung tersumbat ini terjadi karena sistem daya tahan tubuhnya belum terbentuk dengan baik, sehingga, mudah terinfeksi virus yang menyerang tenggorokan dan hidung. Pilek ditandai dengan munculnya ingus dan hidung tersumbat, selain karena infeksi, paparan polusi dan asap rokok.

Bunda Esti Baby menyediakan layanan untuk flu anak antara lain; Pijat Tumbuh, Pijat Penyembuh Flu, Inframerah, Electro Stimulator, Nebulizer.

Menekan Hidung dengan Lembut, keluarkan ingus perlahan
  • Lap sambil tekan lembut hidung bayi yang berlendir menggunakan sapu tangan atau tisu bersih. Tekanan ini membantu mengeluarkan lendirnya di hidung.
  • Bantu bayi membuang ingusnya, Bayi tidak bisa membuang ingusnya sendiri. Jadi, ia akan sangat memerlukan bantuan Anda untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, siapkan wadah untuk membuang ingus bayi.
  • Kemudian, isap ingus dari hidung bayi Anda secara perlahan menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil).
  • Kedua, Anda bisa menggunakan cairan saline (air garam steril yang dijual di apotik) yang dapat diteteskan ke hidung bayi Anda untuk mengencerkan dan memudahkan ingus keluar. Setelah itu, isap kembali ingus bayi dengan menggunakan alat pengisap ingus yang biasa dijual di toko perlengkapan bayi.
  • Untuk membersihkan bekas lendir yang mengering di sekitar lubang hidung bayi, gunakan cotton bud basah. Jangan memasukkan cotton bud terlalu dalam

Cukupi kebutuhan cairan si kecil
Pada saat pilek, Si Kecil akan sangat membutuhkan cairan. Jika usia Si Kecil sudah cukup untuk diberikan makanan seperti sup, berikanlah ia sup hangat untuk membuatnya merasa lebih baik.

Agar udara di rumah tetap bersih
Udara kotor dan iritan seperti asap rokok dapat membuat saluran pernapasan bayi menjadi radang dan memperberat hidung tersumbat yang dialaminya. Karena itu penting untuk senantiasa menjaga kebersihan di rumah ya Bunda. Bunda bisa mencoba tips mengatasi hidung tersumbat pada bayi ala Bunda Esti sebagai perawatan pencegahan di rumah, lakukan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di atas guna mengurangi ketidaknyamanan yang ia rasakan.

95 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini