Siapkan dana investasi franchise untuk Membangun Franchise Baby Spa, Bunda Esti Fisioterapi Baby Spa telah memiliki sebuah usaha yang difranchisekan, tentunya sangat menyenangkan. Karena Brand Bunda Esti bergerak secara cepat karena banyaknya peminat dari investor.

Pilihlah Franchisor yang benar dengan tepat. Sebelumnya saya ingin sedikit mengulas mengenai jenis usaha yang akan Ayah Bunda jalankan. Saya sarankan pilihlah bisnis yang paling banyak peminatnya dan minim pesaing. Bukan usaha yang Ayah Bunda pikir-pikir akan memberikan keuntungan yang terbanyak dalam periode tertentu. Sekali lagi, pilihlah investasi franchise yang usahanya paling banyak diminati dan minim pesaing.

Dalam menjalankan usaha, walaupun dengan sistem franchise, Ayah Bunda tidak akan terlepas dari masalah. Hanya bedanya, bila usaha tersebut adalah usaha yang memang Ayah Bunda minati, maka segala kendala yang mungkin timbul akan ibu lihat sebagai tantangan (challenge) dan bukan sebuah masalah (problem). Hal yang perlu juga Ayah Bunda sadari adalah bahwa investasi franchise yaitu ber-usaha, berbeda dengan investasi pasif income. Bila maksud Ayah Bunda hanya sekedar berinvestasi, maka pilhannya bukanlah franchise tapi mungkin deposito, saham, emas atau hal-hal sejenis yang tidak melibatkan ibu secara aktif. Franchise adalah sama dengan berbisnis, yaitu membutuhkan kerja keras, hanya bedanya dalam franchising Ayah Bunda tidak “sendirian” dan akan banyak mendapat bantuan dan support dari manajemen dan juga dari Franchisor.

Franchisee harus mempertanggung jawabkan sendiri pengelolaan bisnisnya artinya franchisee harus punya komitmen dan yang lebih penting lagi harus mempunyai kemampuan mengelola bisnis ,me-record keuangan ,mengelola pengeluaran ,mengontrol karyawan dan lain sebagainya. Dalam banyak kasus biasanya si-franchisee kurang memahami cara-cara administrasi pengelolaan investasi bisnis franchise, nah disinilah perlu usaha dari pemilik bisnis untuk terus belajar.

Selalu pastikan konsultan franchise yang Anda pilih adalah yang terbaik, sudah terbukti, dan diakui secara internasional. Bukan hanya konsultan yang menawarkan jasa paling “murah”, memberi rayuan untung besar, atau lebih celaka lagi yang paling dapat Anda setir sesuai keinginan Anda, wah bisa kacau sistem bisnisnya. “Konsultan yang baik adalah seorang konsultan yang dapat memahami dan memberikan masukan yang seuai kepada manajemen dan berani mengatakan “tidak” apabila hal tersebut berkaitan dengan kebaikan bisnis masa depan“, ujar Rian Kurniawan Start Friday Asia Brand Consultant.

17 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini